• Kepala Sekolah
    Melayani Dengan Sepenuh Hati

BKK SMK Mutu untuk Semua

  • Oleh: -
  • 04 Februari 2015
  • 0 Komentar, Dilihat 36.120 Kali.

Penyaluran kerja ke Dunia dan Industri (DUDI) merupakan salah satu program pokok SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (SMK Mutu). Program ini adalah bukti konkrit pengabdian pada masyarakat. Tapi dengan tidak melupakan siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

SMK Mutu juga setiap tahun memfasilitasi beberapa Perguruan Tinggi, negeri dan swasta, untuk memperkenalkan diri ke siswa-siswi kelas XII. Biasanya mereka kenalan dengan model presentasi, disitu ada tanya jawab tentang fasilitas dan program mereka. Hal ini menambah wawasan siswa tentang dunia pendidikan.

Khusus untuk rekrutmen kerja, disepanjang tahun 2014 diadakan setiap bulan. Bahkan dalam 1 bulan bisa mengadakan rekrutmen sebanyak 3 sampai 4 kali. Hal ini tidak luput dari kerja keras Handoko Suyitno sebagai ketua BKK (Bursa Kerja Khusus). Handoko tidak kurang 3 kali dalam 1 minggu silaturrahmi dengan DUDI. Silaturrahmi dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan dunia industri kaitannya dengan pendidikan. Untuk selanjutnya kurikulum sekolah dirumuskan sesaui dengan kebutuhan DUDI. Dengan harapan bisa melahirkan lulusan yang siap bersaing di dunia global.

Tidak heran karena kesibukannya di BKK Handoko mendapatkan predikat PLO (Pria Lali Omah), hampir semua waktunya diperuntukkan dalam pengabdiannya ke sekolah. Predikat PLO ini sebelumnya disandang oleh Tim Pembuatan Mobil Listrik Solar Car. Karena seringnya mereka di sekolah, berangkat pagi pulang sore, tidak jarang bermalam di sekolah.

Kunjungan dengan DUDI tidak hanya berjalan 1 arah. Bukan BKK saja yang berkunjung. Mereka juga balas mengunjungi. Karena sudah saling kenal, akhirnya terjalinlah ikatan emosional.  ‘Kemesraaan’ itu kemudian dituangkan dalam bentuk legal formal berupa MoU (Memorandum of Understanding). Kerjasama di bidang rekrutmen kerja dan penempatan anak-anak yang praktek kerja industri.

Karena BKK ini adalah bentuk pengabdian pada masyarakat maka SMK Mutu juga membuka pintu lebar-lebar untuk masyarakat umum, bukan hanya siswa dari internal SMK Mutu. (tam)

 

Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.