• Kepala Sekolah
    Tiada Hari Tanpa Amal Shaleh

Alfamart Jaring Ratusan Siswa SMK Mutu

  • Oleh: adminmutu
  • 15 Mei 2017
  • 0 Komentar, Dilihat 517 Kali.

GONDANGLEGI – PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai pemilik bisnis waralaba Alfamart melakukan rekrutmen kerja di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (SMK Mutu) 15 Mei 2017 kemarin. Perusahaan yang sudah tersebar di seluruh Indonesia ini membuka peluang kerja untuk tiga divisi sekaligus. Yakni kru, gudang dan salesmotoris. Hadir mewakili PT Sumber Alfaria Trijaya cabang Malang yakni Novita Riski Wati sebagai HRD cabang Malang. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 101 siswa SMK Mutu ambil bagian mengikuti seleksi rekrutmen kerja.

Direktur Bursa Kerja Khusus SMK Mutu Drs Handoko Suyitno mengatakan, hampir setiap minggu pihaknya mengadakan proses rekrutmen kerja. Ini karena rata-rata perusahaan sudah mulai menjaring calon karyawan. Termasuk PT Sumber Alfaria Trijaya cabang Malang ini. ”Alhamdulillah peminatnya dari tahun kemarin meningkat tajam. Sehingga pihak perusahaan juga akan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa,” ungkap Direktur Bursa Kerja Khusus SMK Mutu Drs Handoko Suyitno kemarin.

Dari 101 siswa pelamar ini, semuanya harus melalui lima tahapan tes sebelum nantinya akan diajak ke perusahaan dan mengikuti tes terkahir. Mulai dari psikotes, tes fisik, buta warna, simulasi kerja dan interview. Semua tahapan ini dilakukan di SMK Mutu sejak pagi hingga sore. Setelah dinyatakan lolos, maka pihak perusahaan akan mengundang siswa atau calon pegawai ke PT Sumber Alfaria Trijaya cabang Malang yang ada di Singosari. ”Pengumuman biasanya sehari setelah tes lewat email sekolah. Memang kami berharap bisa secepatnya, agar siswa juga cepat bekerja,” tambah Handoko.

Sementara itu, HRD PT Sumber Alfaria Trijaya cabang Malang Novita Riski Wati menyebutkan tidak ada batasan berapa jumlah siswa yang diterima kerja. Jika semuanya memenuhi kualifikasi yang ditentukan perusahaan, maka bsia saja semuanya diterima. Karena kebutuhan perusahaan akan pegawai yang berkompetensi tinggi masih sangat banyak. ”Karena di daerah, perusahaan kami terus mengembangkan sayap,” terang Tata sapaan akrab Novitas Riski Wati.

Dikatakan Tata, jika skill siswa SMK Mutu Gondanglegi rata-rata sudah sesuai yang diharapkan perusahaan. Namun demikian hal itu tidak bisa dijadikan rujukan jika siswa tersebut bisa diterima. Mental petarung juga ikut menentukan diterima atau tidaknya. ”Karena kadang sudah kami terima tapi di luar daerah, misalnya harus bekerja di Kota Malang saja mereka sudah tidak mau. Nah mental ini yang kami cari,” jelas Tata. (Sahrul Hidayah)

Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.