• Kepala Sekolah
    Tiada Hari Tanpa Amal Shaleh

Perkuat Penguasaan Bahasa Internasional SMK Mutu Hadirkan Volunteer AMINEF

  • Oleh: adminmutu
  • 27 Mei 2017
  • 0 Komentar, Dilihat 721 Kali.

GONDANGLEGI – Kemampuan dalam menguasai bahasa internasional menjadi senjata ampuh untuk bisa menaklukkan dunia. Di mana, kesempatan belajar di luar negeri dalam bentuk study exchange, beasiswa kuliah masih sangat terbuka lebar bagi siswa maupun tenaga pendidik. Menyadari pentingnya penguasaan bahasa internasional SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi mendukung pendidikan bahasa Internasional untuk semua siswa dan guru.

Salah satu upaya yang dilakukan  yakni melakukan kerja sama dengan American Indonesian Exchange Fulbright (AMINEF). Sebuah lembaga penyalur sukarelawan untuk pembelajaran bahasa. ”Kami rasa pembelajaran bahasa menjadi modal berharga di era global seperti saat ini. Karena itu merupakan senjata untuk menaklukkan apapun,” kata Kepala SMK Mutu Gondanglegi H Pahri SAg MM kemarin.

Program kerja sama yang akan dilakukan bersama adalah English Teaching Assistanship (ETA), yaitu pengiriman sukarelawan untuk menjadi pendamping dalam proses pembelajaran di kelas intra dan ekstra khususnya yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. ”SMK Mutu adalah salah satu dari 21 SMA/SMK di Indonesia yang memperoleh kesempatan berharga ini, di Kabupaten Malang pun menjadi satu-satunya sekolah menengah yang pendidikannya disupport oleh AMINEF,” tutur Cecilia, utusan resmi AMINEF yang melakukan survey di SMK Mutu Gondanglegi Jumat (26/5) lalu.

Pasca survey beberapa waktu lalu, rencananya Gregory Sutton, seorang volunteer ETA berkebangsaan Amerika akan segera bergabung pada bulan Juni 2017 mendatang untuk melihat situasi kondisi belajar serta lingkungan di SMK Mutu Gondanglegi sebelum  benar-benar melakukan pendampingan  selama 10 bulan dimulai bulan Juli 2017.

Selama program ETA dilaksanakan, sekolah cukup menyediakan akomodasi sesuai standar yang ditentukan AMINEF, seorang counterpart dan beberapa co-teacher yang nanti harus mendampingi volunteer ETA dalam bertugas.

Banyak manfaat yang diharapkan dapat diperoleh SMK Mutu dengan program ETA ini, selain peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris, beragam kompetisi Internasional berbasis bahasa ditawarkan serta  kesempatan besar untuk study gratis ke Amerika baik oleh siswa maupun guru. (Silvia Rachman/ Sahrul Hidayah)

Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.