• Kepala Sekolah
    Tiada Hari Tanpa Amal Shaleh

Menjadi Bangsa yang Produktif

  • Oleh: adminmutu
  • 18 Juli 2017
  • 0 Komentar, Dilihat 438 Kali.

GONDANGLEGI - Diskusi santai namun berbobot di siang hari, bersama salah satu Instruktur Regional Malang, Mata Pelajaran (Mapel) Sejarah, Bramasta Yudha S.Pd. Awal mula hanya diskusi hal-hal ringan, namun akhirnya meluas berkaitan dengan sejarah.

Salah satu faktor alasan mengapa Tembok Cina dibangun ialah sebagai benteng pertahanan. Misalnya, serangan dari bangsa tetangga, yaitu Mongolia yang terkenal bringas.

Tembok sejauh 6350 km tentu dibangun dengan memanfaatkan tenaga manusia yang berjumlah besar. Karena zaman itu belum ada teknologi secanggih sekarang.

Nah, sekarang pertanyaanya adalah siapakah yang mau menjadi "budak" dan harus dipaksa "kerja rodi" untuk bangun Tembok Cina. Seperti rakyat Indonesia alami pada zaman penjajahan Jepang.

Namun apa boleh buat, saat ini kita masih dijajah oleh bangsa lain. Kita tetap jadi "budak", belum merdeka.

Kita bisa lihat, berapa banyak jumlah produk otomotif buatan Jepang seperti mobil dan motor, elektronik, bahkan pakaian pun diserbu oleh Cina.

Negara Indonesia sudah kadung kecanduan. Candu akan produk luar negeri, produk yang boleh jadi Indonesia juga bisa membuatnya. Karena kita punya sumber daya manusia yang tak kalah hebat.

Kita harus merubah mindset kita. Kita rubah yang semula masyarakat konsumtif menjadi produktif. Semoga!

 

M. Faruq

Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.