• Kepala Sekolah
    Tiada Hari Tanpa Amal Shaleh

Bola voli ( Fathur Rozi )

  • Oleh: db2d1140a5d19e235d447f56e7fb0985
  • 01 Juli 2015
  • 0 Komentar, Dilihat 2.775 Kali.

PENDIDIKAN BERKARAKTER MELALUI OLAHRAGA: BOLA VOLY

 

            “Mens Sana In Corpore Sano” merupakan jargon ataupun kata mutiara yang sangatlah popular dalam bidang olahraga. Jargon yang berasal dari kata pujangga romawi ini dapat diartikan bahwa “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Dalam hal ini, tubuh dan jiwa merupakan hal yang sama pentingnya. Tubuh dan jiwa selalu berketerkaitan, dimana tubuh dan jiwa haruslah seimbang. Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat sesuai gizi yang diperlukan tubuh. Jiwa yang sehat dapat terwujud  dengan memiliki karakter atau perilaku yang baik yang terdapat dalam setiap diri individu.

Dalam rana pendidikan, kedua aspek tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan pembelajaran olahraga yang berkarakter.

 

Olahraga merupakan salah satu tombak pembentukan karakter siswa di sekolah, karena olahraga adalah pembelajaran yang menggabungkan teori dan prakter secara dinamis. Keunggulan pendidikan olahraga dalam pembentukan karakter terletak pada nilai-nilai berperilaku. Suatu ciri yang tidak mudah dilakukan pada pendidikan yang lain yaitu pembelajaran yang cenderung mengarah pada teori ataupun abstrak. Dinamisme tersebut terdapat dalam setiap permainan olahraga, seperti contohnya dalam permainan bola voly. Setelah guru menjelaskan teori tentang permainan tersebut, kemudian siswa mempraktekkan permainannya. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk bisa mempraktekkan teori yang didapat seperti smash, passing, dll. Siswa juga diharapkan dapat menjalin interaksi yang baik dalam regunya maupun antar regu. Spotifitas merupakan karakter yang harus dibentuk oleh siswa agar menjadi atlit yang memiliki skill yang mumpuni dan memiliki moral yang baik dan selalu berpikir positif.

 

            SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi atau yang biasa dikenal dengan SMK MUTU merupakan sekolah yang menekankan pendidikan berkarakter kepada siswanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan peraihan penghargaan As The Best Education and Educator of The Years 2014 dari Pusat Rekor Indonesia. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Bapak H. Pahri, S.Ag., M.M selalu mengatakan bahwa seorang pendidik haruslah berkompeten dalam bidangnya agar dapat menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dan menjadikan siswa-siswanya menjadi siswa yang unggul dan bermartabat. Para pendidik SMK MUTU sudah membuktikan dengan menorehkan prestasi di bidangnya umumnya. Khususnya dalam bidang olahraga, siswa banyak menorehkan prestasi dalam setiap pertandingan. Salah satu prestasi yang sangat cemerlang adalah dalam permainan Bola voly.

 

            Untuk meraih prestasi tersebut, para guru olahraga ataupun pembina Bola Voly SMK MUTU sangatlah selektif dalam pemilihan atlit yang dilakukan dengam menjaring bakat dari sekolahnya terdahulu. Kemudian pemberian pelatihan dilaksanakan sesuai kriteria pelatihan atlit nasioanal. Dikarenakan permainan Bola Voly merupakan olahraga yang sangat dikenal karena kelincahan dan ketangkasannya, oleh karena itu olahraga satu ini diharuskan kepada atlitnya cekatan menggunakan tangan, memerlukan skill dan strategi yang tinggi serta stamina yang prima. Sebagai salah satu ekstrakulikuler di SMK MUTU, para guru olahraga tak hanya memberikan pelatihan fisik namun juga pendidikan moral yang harus ditanamkan kepada setiap atlitnya. Dengan fisik yang mumpuni tak akan menjadi atlit yang kompeten bila memiliki karakter yang buruk. Sportifitas adalah karakter utama yang haruslah ditanamkan sejak dini kepada atlitnya, karena sportifitas mencakup keseluruhan karakter yang harus dimiliki atlit, seperti kejujuran, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, toleransi, dan kepatuhan pada aturan permainan.

 

Untuk mencapai target tersebut, TIM Bola Voly SMK MUTU berlatih dua kali seminggu yaitu pada hari kamis dan  minggu. Pelatihan ini dilakukan untuk mencapai target terciptanya atlit andalan karena dari tahun ke tahun SMK MUTU selalu menjadi juara di setiap event. Setiap latihan mereka dibekali dengan latihan fisik dan teknik. Tidak ada kata “manja” dalam latihan, setiap anggota tim tidak banyak mengeluh. Seluruh atlit sadar bahwa latihan yang keras akan mencapai hasil yang maksimal. Selain latihan rutin, TIM Bola Voly SMK MUTU juga sering mengadakan latih tanding dengan tim bola voli sekolah lain ataupun club-club voly yang dijadwalkan setiap sebulan sekali.

 

            Kegigihan berlatih para atlit TIM Bola Voly SMK MUTU terbayarkan dengan mempersembahkan banyak prestasi dari berbagi kompetisi. Prestasi terakhir yang diraih adalah MJuara II Volley Ball Competition malang Raya 2015 dan Juara I di tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Malang. Di setiap tahun pembelajaran TIM Bola Voly SMK MUTU selalu mendapat lebih dari satu penghargaan. Di tahun 2013, TIM Bola Voly SMK MUTU mendapatkan dua penghargaan, yaitu Juara 1 Volley Ball Se-Jawa Timur yang diselenggarakan Universitas Brawijaya dan Juara 1 Kapolres Cup Malang. Dua penghargaan juga disabet di tahun 2012, Juara 1 Volley Ball Competition Malang Raya dan Juara 1 Polres Cup Kabupaten Malang, dan berbagai penghargaan di tahun-tahun sebelumnya sebagai wujud kebanggaan para atlit yang dipersembahkan kepada pihak sekolah sebagai kenang-kenangan dan juga dapat menjadi panutan untuk anak didik selanjutnya.

           

            Suatu prestasi dapat diraih karena atlit-atlit yang disiplin dan gigih berlatih dan guru olahraga yang tak henti-hentinya melatih dan mendidik mereka menjadi atlit professional dan berkarakter. Seperti dalam petuah jawa “Jer Basuki Mawa Beya” yang diartikan “untuk mencapai keberhasilan diperlukan pengorbanan.” Semoga TIM Bola Voly SMK MUTU selalu menorehkan prestasi dalam setiap kompetisi karena usaha dan kegigihan para atlit, guru olahraga, dan seluruh civitas SMK MUTU yang selalu mendukung  siswa-siswanya untuk terus berprestasi.


Komentar
Silahkan Tinggalkan Komentar

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan.